Selasa, 04 Juni 2013

Contoh Soal UK Pedagogik

Contoh Soal Pedagogik Guru
Pilih salah satu jawaban yang paling benar !
1. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam
upaya guru ….
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
2. Salah satu upaya guru dalam melaksankan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah
dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ….
a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. guru melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d. guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada
3. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksankan dapat digunakan guru
untuk :
a. mempertahankan kebiasaan mengajar karenan sudah lama dan banyak pengalaman
b. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan
pembelajaran
c. merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki
kelemahan
d. melakukan latihan tambahan berupa test untuk para siswa
4. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak
dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang bereda
b. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c. memberian tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrumen testnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
5. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
a. proses pengajaran remidial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remidial adalah sama dengan test diagnostik
c. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilih hanya berbentuk test ulang
6. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remidial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar siswa
c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan
yang ada.
d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
7. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai
berikut...
http://penilaian-kinerja-guru.blogspot.com/
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelmahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
8. Perhatikan pernyataan-pernyatan berikut:
1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2. Menganaalisis soal yang paling banyak salah dan pling banyak benar dijawab siswa
3. Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4. Mengevaluasi sitem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar
Peryataan di atas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil
belajar adalah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
9. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...
a. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan
di kelas
b. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas sangat positip
c. merencanakan pembelajaran remidial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian
non test
d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik
10. Penilaian portofolio dapat dilaksankan dengan cara ….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh
guru dan rekan siswaa dalam sustu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajaran dan test remidial
http://penilaian-kinerja-guru.blogspot.com/Contoh Soal UK Pedagogik

Pedoman Pengisian Formulir NISN A1



Pedoman Pengisian Formulir A 1 ( Pengajuan NISN)

I.Umum:

1. Pilih Jenjang diisi dengan jenjang sekolah anak tersebut
2. Nama Kab/Kota diisi dengan nama kabupaten/kota sekolah berada
3. Nama Provinsi diisi dengan nama provinsi sekolah berada
4. Tanggal Pengajuan diisi dengan Tanggal, Bulan dan Tahun Pengajuan
5. NPSN diisi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional dimana siswa tersebut terdaftar/aktif disekolah yang sekarang, lengkapi kolom NPSN sampai ke siswa urutan terakhir.
6. Nama Sekolah diisi dimana siswa tersebut terdaftar/aktif disekolah yang sekarang
7. Nama siswa diisi sesuai dengan nama yang tercantum dalam akta kelahiran atau ijazah
8. Tempat lahir diisi sesuai yang tertera pada akta kelahiran
9. Tanggal lahir diisi sesuai yang tertera pada akta kelahiran
10. Jenis Kelamin diisi dengan kode : 
1 = Laki-laki 2 = Perempuan 
11. Agama diisi dengan kode :
1 = Islam 4 = Hindu 7 = lain-lain / Kepercayaan
2 = Kristen 5 = Budha
3 = Katholik 6 = Konghu-chu
12. Alamat diisi dengan alamat tempat tinggal siswa
13. Tingkat diisi dengan kelas/rombongan belajar siswa di sekolah
14. Nama ibu kandung diisi sesuai dengan akta kelahiran (tanpa gelar/jabatan)
II. Khusus
1. Form A1 yang sudah diisi, ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan distempel
2. File yang dikirim dalam MS Excell 97-2003 Workbook (xls) dan file pdf ( hasil scan dari file excel yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan distempel )
3. Nama file disimpan atau Save as dengan nama : Nomor NPSN-Namasekolah 
contoh: 12345678-SDN Gotong Royong
4. Penulisan nama siswa tidak menggunakan tanda baca ( ’, - , ) dan tidak boleh disingkat.
5. Penulisan Tanggal lahir menggunakan format yyyy-mm-dd
6. Penulisan Agama dan Jenis Kelamin menggunakan angka
7. Penulisan Tingkat/Kelas menggunakan angka bukan romawi ( Misal 1,2, ..., 12)
8. Dinas kab/kota yang mengkoordinir pengajuan NISN melampirkan surat keterangan pengajuan NISN yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan setempat dan distempel (hasil scan dalam bentuk file pdf)

File dikirim ke email PDSP : pdsp@kemdikbud.go.id
Helpdesk NISN : (021) 57905777
Pedoman Pengisian Formulir NISN A1

Masalah dan solusi pendataan



MASALAH DAN SOLUSI PENGELESAIANNYA:

F.A.Q (Frequently Asked Question)
(Pertanyaan yang sering dipertanyakan guru mengenai DAPODIK dan seputar data Aneka Tunjangan beserta Jawabannya)

• Pertanyaan: "Kenapa Data "Total JJM Sesuai" saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik ??"
Jawaban: Berikut penjelasannya: (1) Data yg kami ambil menggunakan data input semester 1 tahun 2012
(2) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya) 3) Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26 jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.
• Pertanyaan: "Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik)."
Jawaban: Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.
• Pertanyaan: "Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?"
Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Sertifikasi dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK anda belum tercantum di basis data Sertifikasi yang ada pada kami (Dit.P2TK Dikdas). Kami akan mencoba mengupdate data, di saat yang sama Bapak/Ibu pun dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.
• Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya salah password"
Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik bapak/ibu.
• Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan"
Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan dapat login dengan sendirinya.
• Pertanyaan: "Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.
• Pertanyaan: "Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru"
Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.
• Pertanyaan: "Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah"
Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.

1. Point 8-9 tidak valid, nama pangkat golongan dan TMT gol kosong/tidak sesuai
Kemungkinan kesalahan : pengisian pada pangkat, golongan, jabatan fungsional, TMT awal-akhir
Cara memperbaiki : isi pangkat golongan, jabatan fungsional, isi no. SK Inpassing untuk Non PNS

2. Point 10, tugas tambahan kosong, jika anda mempunyai tugas tambahan
Kemungkinan kesalahan : pada kolom jabatan, tugas tambahan guru, kolom riwayat terdaftar
Cara memperbaiki :
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

3. Point 17 tidak valid, id bidang studi sertifikasi kosong
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data nomor sertifikat pendidik, NRG, bidang studi sertifikasi, tahun sertifikasi.
Cara memperbaiki : cek kembali data tersebut terutama NRG (yang sudah memiliki NRG adalah peserta sertifikasi <>

4. Point 20 tidak valid, JJM kurang dari 24 jam
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data rombel, PTK mengajar, tugas tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar
Cara memperbaiki :
- isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya
5. Point 15, gaji pokok kosong untuk PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala.
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

6. Point 15, gaji pokok kosong untuk Non PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala, no.
SK Inpassing
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

7. Point 18, tahun pensiun kosong, atu sudah terlewati
Kemungkinan kesalahan : pengisian data tanggal lahir, TMT
Cara memperbaiki : isi tanggal lahir dengan benar

8. Perhitungan JJM Untuk Guru Bimbingan Konseling :
untuk aplikasi yang sekarang guru BK memang belum memiliki ruang yang jelas,.. oleh karena itu untuk guru bk sementara ini masukan saja dulu kedalam rombel,..
dengan rumusan JJMnya : jumlah siswa/150 x 24
misalkan dikelas 1A ada 30 siswa maka isi jjm untuk guru bk => 30/150 x 24 = 24/5 = 5 jam
5 jam dibulatkan ke atas

9. Guru Bahasa Inggris SD :
Pada intinya Guru SD tidak ada B. Inggris pada KTSP namun di karenakan ada sertifikat dan kode yg mencantumkan guru SD silahkan saja, namun konteksnya adalah MULOK dengan artian apabila ada mulok potensi daerah atau bahasa daerah semua nya harus berkorban
namun ingat untuk KTSP 1 2 3 Mulok masuk pada bagian tugas Guru Kelas di luar guru Agama dan Penjas yang jelas2 sudah di atur :
Sample SD Kelas 1 KTSP 26 + 4 (maks)
Guru Kelas = 24
Guru Agama = 2
Guru Penjas = 2
Mulok = 2
Begitu terus naik ke kelas berikutnya, saran saya agar tidak mengganggu guru kelas dan guru penjas silahkan di masukan pada kelas tinggi. Lagi .. lagi - lagi kelas tinggi .. ingat di kelas tinggi ada kepsek, seperti yg saya bilang tadi di atas kelas 4, 5 dan 6 silahkan di petakan di sini .. tapi ingat sekali lagi .. pada KTSP 4 5 6 setiap mapel sudah di jabarkan ..namun semua mapel itu masih merupakan wilayah tugas guru kelas hanya jumlah jam per rombel lebih luas ..oleh sebab itu kepsek di petakan di sini dan guru yang memiliki sertifikat Bahasa Inggris dianggap mulok. Kecuali si guru kelas rela membagi 24 jam nya dengan tidak mengajar Bahasa Inggris otomatis JJM nya menjadi 22 dan tidak memenuhi syarat atau guru kelas tetap 24 namun guru Bahasa Inggris masuk sebagai guru Bahasa Inggris konsekwensi nya rombel menjadi TIDAK NORMAL. Namun untuk kejelasan kenapa Badan PSDM mengeluarkan sertifikat pendidik serta kode sertifikasi 157 mengandung guru SD tidak sejalan dengan kode konversi yang di keluarkan oleh Badan PSDM pun kami sampai hari ini blm mendapatkan jawaban

10. Perlu diperhatikan Untuk :
a. Kepsek SD
b. Guru BK
c. Guru PLB/SLB
d. Guru Khusus
e. Serta status rombel normal atau tidak masih berubah2 tampilannya krn status sinkron masih labil .. jadi klo ada tampilan aneh di biarin aj dulu.

==============
11. Persyaratan untuk guru yang mengajar di beda jenjang (dikmen) atau mengajar diluar kemendiknas (kemenag, kemenkes dll) memang harus melengkapi keterangan mengajar dari sekolah tersebut.
1. surat keterangan dari kepala sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut mengajar
2. Jadwal mengajar pada sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut mengajar
3. Surat penugasan mengajar dari kepala sekolah di luar dikdas tempat guru tersebut mengajar
4. Sertifikat pendidik
5. Print out NUPTK atau kartu NUPTK (jika ada) atau NRG (jika sudah sertifikasi)
6. Hard copy dikirim ke pengelola tunjangan di kabupaten/kota setempat
7. Scan hardcopy di kirim ke pusat melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat dengan subjeck mengajar diluar dikdas
==============

12. Normal itu maksudnya adalah rombel tersebut masih berada pada range normal sesuai dengan aturan yg ada,... yaitu 32jam + 4 jam tambahan,..
jika warnanya merah berarti rombel tersebut melebihi dari aturan itu,...
bisa saja satu rombel lebih dari 36 jam tetapi harus ada dasar yg kuat,.. misalnya kebijakan
pemda,..yang menambah pelajaran mulok,.. sehingga jjm menjadi 38,.. tapi penambahan itu harus dilaporkan oleh dinas setempat ke p2tk bahwa mereka melakukan penambahan jjm menjadi 38,.secara resmi dengan surat dinas…… lihat standar isi,.. PP 22 tahun 2006 jangan dilupakan pp 74 tahun 2008 untuk minimum kelas dan guru sertifikasi ups..ada yg ketinggalan…

pertama yg menyebabkan jadi tdk normal krna rombel muncul di p2tk jdi doble.. low masalah itu kita abaikan saja.. yg penting kita skrang pengaturan JJM di setiap rombelnya.. krna itu jga yg menyebabkan tdk normal
System yg di p2tk skrang menghitung jjmnya yaitu jam yg ada di rombel jg bukan per PTK/Guru, P2TK mengacu pda Standar isi dan PP no 74 thun 2008

sya contohkan JJM yg tdk normal/tdk logika misal di rombel I-A
guru kelas 26 jam, guru agama 3 jam guru pjok 4 jam, english 2 jam = 35 jam
5 jam ini sdah tdk logika di rombel I-A tsb krna peraturan untuk tingkat I yaitu 26 jam ditambah 4 jam tambahan...

1. SD = jika susunannya sesuia aturan yg berlaku berarti tgl wait and see.... krna tdi jga sya kasih contoh ke pihak p2tk jika pengaturan rombel sperti ini tuk kelas 1 = guru Kelas 24 guru
agama 3 dan pjok 3
skrang finalnya susunan JJM per rombel sperti berikut:
Tingkat 1 = 26 + 4
Tingkat 2 = 27 + 4 jam
Tingkat 3 = 28 + 4 jam
Tingkat 4-6 = 32 + 4 Jam silahkan tafsirkan sendiri bagaimana mengatur rombel tsb... dan ingat
tuk SD yg diakui yaitu guru kelas, pai dan pjok, TERKECUALI KEPALA SEKOLAH!!

2. SMP Tuk SMP mulai dari kelas 7 - 9 = 32 jam + 4 jam, rinciannya boleh lihat di KTSP dan
perlu di ingat yg tambahan 4 jam tsb baik d sd maupun di smp terserah mau di masukan ke
mapel apa..
tuk SMP rinciannya silahkan lihat di standar isi..
itu berlaku per ROMBEL, Sesuaikan dengan Jumlah Rombel yang ada di sekolah
OK saya contohkan pengaturan rombel tuk tngkat SMP :
1. Pendidikan Agama = 2 jam
2. Pkn = 2 jam
3. Bahasa indonesia = 4 jam
4. Bahasa Inggris = 4 jam
5. Matematika = 4 jam
6. IPA (biologi + Fisika) = 4 jam
7. IPS (geografi + Sejarah) = 4 jam
8. Seni budaya = 2 jam
9. PJOK = 2 Jam
10. TIK = 2 Jam
     11. Mulok = 2 jam
jumalh = 32 jam sisa 4 jam itu terserah (terserah sesuai ktsp dan peraturan yg berlaku di daerah
masing2) intinya tuk smp perombel tdk boleh melebihi dari 36 jam..
JJM BK : sepakat guru BK dimasukkan ke rombel dg perhitungan jam JML siswa di dalam kelas/150 x 24 hasilnya dibulatkan naik…di csrip tidak akan di hitung..tidak hitung sebagai jam rombel(akumulasi) JJM rombel tidak berpengaruh…jam rombel akan dikeluarkan untuk guru BK..di dalam aplikasi guru BK sama seperti guru yg lainnya mengajar BK…
3. A. KS tuk SD
KS = KEPALA SEKOLAH
OKE sebelum dilanjut para OP rus inget dulu pengaturan jam perombel tdi yg sdah dibahas dan ingat tuk sd kelas 1-3 itu tematik DIKARENAKAN RATA2 KEPSEK yg di SD rata2 sertifikasinya guru kelas.. sdangkan peraturan harus linear dulu kami dan atas saran dari p2tk juga dimaping ke rombelnya rus sesuiai dng sertifikasi maka rus guru kelas.. tpi bagaimana mungkin.?? terpaksa para op kami suruh sperti tdi..
ternyata eh ternyata ada kebijakan baru dari p2tk tuk KS khusu di SD silahkan mau mapel apa saja walaupun tdk linear dng sertifikasinya...

jadi di mapping bisa selain guru kelas, sesuai dengan sertifikasinya walupun nantinya yg dihitung oleh sytem tetep 18 jam tpi tetep bisa memenuhi syarat asalkan ada rincian mengajarnya... minimal 6 jam... tpi jika memang di skolah tsb kekurangan guru tdk masalah ks tsb menjadi guru/wali kelas..
sebaiknya supaya siytem tdk membaca ketidak normalan mendingan ke mapel saja.
utk masal red itu rus perbaikan jam dirombel tsb begitu perintah dari p2tknya.. dan rus masuk kelas atas... dan jng lupa berarti di rombel kelas atas tsb ada yg dikurangi jamnya.. nah silahkan atur saja.. INGAT TDK BOLEH MELIBIHI BATAS MAKSIMAL.....krna jjm ini skrang ga bisa dikibulin

B. KS tuk SMP sama seperti semula atau awal karena akan muncul pada p2tk setelah di masukkan ke dalam tugas tambahan Pengertian Linierisasi Bidang Studi : Linierisasi Bidang Studi Sertifikasi merupakan Kesesuaian Bidang Studi yang diampuh Guru dalam sertifikat pendidik dan mengajarnya dengan Ijazah program studi S-1 nya(linier),apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1, dapat menggunakan program studi D-III, apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi yang serumpun dengan program studi S-1 dan D-III,apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi sertifikasi sesuai dengan mata pelajaran, rumpun mata pelajaran, atau satuan pendidikan yang diampunya, dan harus memiliki masa kerja minimal sudah 5 tahun berturut-turut mengajar mata pelajaran tersebut.

GURU BIMBINGAN KONSELING : untuk aplikasi yang sekarang guru BK memang belum memiliki ruang yang jelas,.. oleh karena itu untuk guru bk sementara ini masukan saja dulu kedalam rombel,.. dengan rumusan JJMnya :

jumlah siswa/150 x 24

misalkan dikelas 1A ada 30 siswa maka isi jjm untuk guru bk => 30/150 x 24 = 24/5 = 5 jam, 5 jam dibulatkan keatas

Pengertian JJM dianggap linier jika guru tersebut sudah mendapat sertifikat pendidik dan mengajar mata pelajaran sesuai dengan bidang sertifikasinya. Jika belum sertifikasi maka JJM linier akan 0
Jika guru sudah sertifikasi dan masih 0, maka pastikan bahwa NUPTK yang digunakan sama dengan NUPTK pada saat sertifikasi dan penulisan nama yang sama dengan nama pada database NUPTK.
GTT Tidak memenuhi syarat : status kepegawaian tersebut tidak memenuhi syarat untuk tunjangan profesi,..
untuk syarat memenuhi tunjangan profesi harus minimal adalah GTY (guru tetap yayasan) lihat pp 74 tahun 2008
Bagi Guru Mapel yang pemenuhan 24 Jamnya sebagai Tutor pada Kejar Paket untuk JJMnya tidak bisa di akui.

Cara Pengisian Rombel Yang Benar
Rombel atau rombongan belajar adalah tempat pertemuan antara siswa dan guru, sehingga sebuah rombel dianggap sah sebagai sebuah rombel jika memiliki siswa minimal 20 orang dan adanya guru yang mengajar..
Agar guru dapat terhitung jumlah jam mengajarnya maka guru harus dimapping kedalam rombel dan ditentukan mata pelajaran yang diajarkan pada kelas (rombel) tersebut.

Kemudian isikan juga jumlah jam mengajar guru tersebut selama seminggu.
pengisian JJM harus sesuai dengan SK mengajar yang sudah ditandatangani oleh pejabat sekolah tersebut. pengentrian data yang tidak berdasarkan SK yang syah akan menjadi tanggung sekolah.

Masalah dan solusi pendataan

Amplop Surat

Amplop Surat

Jumlah Jam Mengajar



  1. JJM adalah jumlah Jam mengajar, data ini berpengaruh dari jumlah jam yang kita masukkan dalam aplikasi pendataan bagian pembagian rombongan belajar.
  2. JJM KTSP adalah jumlah jam mengajar kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Jam mengajar dihitung sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Misal: kurikulum yg berlaku utk jam mengajar Bhs. Inggris 4 jam. Tetapi diisi 6 jam. Maka JJM KTSP tidak akan dihitung jam mengajarnya di P2TK.
  3. JJM Linier adalah Jam Mengajar yang dihitung sesuai dengan Sertifikasi Bidang Studi (misal: Sertifikasi Bidang Studinya Bhs. Inggris, tetapi mengajar MTK, itu tidak dihitung jam mengajarnya di P2TK)
  • TOTAL JUMLAH JAM MENGAJAR UNTUK KELAS 1 & 2 = 28 JAM (Per Minggu)
DENGAN RINCIAN :
GURU KELAS    = 24 JAM
PENJASKES       = 2 JAM
AGAMA              = 2 JAM
  • TOTAL JUMLAH JAM MENGAJAR UNTUK KELAS 3 & 4 = 38 JAM
   DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERRIKUT :
GURU KELAS   = 24 JAM
PENJASKES      = 3 JAM
AGAMA              = 3 JAM
JUMLAH           = 30 JAM  SISA 8 JAM
     SISA  = 8 JAM BISA DI AMBIL DARI BIDANG STUDI GURU KELAS (IPA, IPS, SBK, MULOK, BAHASA INGGRIS, DLL)
  • TOTAL JUMLAH JAM MENGAJAR UNTUK KELAS 5 & 6 = 42 JAM (Per Minggu)
   DENGAN RINCIAN :
GURU KELAS   = 24 JAM
PENJASKES     = 4 JAM
AGAMA             = 4 JAM
JUMLAH           = 32 JAM SISA 10 JAM
SISA 10 JAM BISA DI AMBIL DARI BIDANG STUDI GURU KELAS (IPA, IPS, SBK, MULOK, B. INGGRIS, DLL)
KESIMPULANNYA ADALAH JJM MENGAJAR SATUAN PENDIDIKAN SD DI APLIKASI DAPODIK DENGAN JUMLAH 6 ROMBEL = 222 JAM
KELAS 1 = 28 JAM   Per Minggu
KELAS 2 = 28 JAM   Per Minggu
KELAS 3 = 38 JAM   Per Minggu
KELAS 4 = 38 JAM   Per Minggu
KELAS 5 = 42 JAM   Per Minggu
KELAS 6 = 42 JAM   Per Minggu
JJM KEPALA SEKOLAH = 6 JAM   (Per Minggu)
TOTAL JUMLAH  = 222 JAM
TUGAS TAMBAHAN KEP.SEK. = 18 JAM
GURU MAPEL AGAMA & PENJASKES TUGAS TAMBAHAN = 6 JAM

Jumlah Jam mengajar

Info NISN



INFO NISN

Silahkan mengajukan kembali menggunakan Form A.1, jika siswa kelas 2-6 sudah mempunyai NISN makan NISN lama yang akan muncul di website, tetapi jika tidak punya NISN maka akan langsung dibuatkan NISN Baru.

Diluar Formulir yang ada di website resmi kami, kami tidak dapat memproses pengajuan bapak/ibu.
Silahkan isi data-datanya sesuai dengan Pedoman yang kami berikan, isi data-datanya langsung pada excel yang sudah di sediakan di website kami, jangan membuat format baru, ataupun membuat format yang mirip seperti itu.

Mohon kirim ulang kembali ke alamat email ini : pdsp@kemdiknas.go.id
Dengan Menggunakan Format yang terbaru, yang bisa di download dari web nisn dengan alamat : nisn.data.kemdiknas.go.id
file excel disimpan atau Save as dengan nama : Nomor NPSN-Namasekolah contoh: 12345678-SDN Gotong Royong
Save As type harus : Excel 97-2003 Workbook